Pengertian Magang – MBKM Magang – MBKM adalah Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) yang memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa mengenai kegiatan riil di dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja (IDUKA) yang dilaksanakan selama 1 semester (setara 20 SKS). Melalui Magang mahasiswa memperoleh hardskills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dan sebagainya), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dan sebagainya).
Peserta Program Studi D4 Perpustakaan Digital yang mengikuti program magang MBKM UM di Perpustakaan Lembaga Pendidikan Al-Falah Surabaya berjumlah 6 (enam) orang yaitu Amabel Meyra Nabila, Darellyne Allysa Nabea, Fera Yulia Rohmatul Izzah, Izzatu Salisah Mafatihurrohmah, Muhammad Dikri Widyatoro dan Siti Rachmawati.
Kegiatan magang dilakukan lebih kurang selama 4 (empat) bulan, yang dimulai dari tanggal 17 September sampai 27 Desember 2024. Dengan menerapkan 5 (lima) hari kerja yang dimulai dari hari Senin-Jumat, untuk jam kerja magang mulai pukul 06.50 sampai dengan 15.50 WIB, dengan jam istirahat pukul 12.00-13.00 untuk hari Senin-Kamis dan pukul 11.00 - 12.30 untuk hari Jumat.
Pada hari pertama tanggal 17 September 2024, kegiatan magang diawali penyambutan oleh pihak Lembaga Pendidikan Al-Falah Surabaya kepada dosen pembimbing lapangan, sebagai bentuk kerja sama sekaligus pengantaran peserta magang. Dilanjutkan dengan survey lapangan magang dan pembagian anggota kelompok menjadi dua bagiaan, di Perpustakaan SD Al-Falah sebanyak 2 orang dan di Perpustakaan Lembaga Pendidikan Al-Falah sebanyak 4 orang. Ketika dipertengahan magang juga ada rolling penempatan agar dapat merasakan suasana dan kegiatan yang ada di dua Lokasi penempatan magang.
Peserta Magang memulai kegiatan dengan pengolahan dan pengembangan bahanpustaka, yakni pertama-tama melakukan pemindahan koleksi dari ruangan lama ke ruang perpustakaan baru, kemudian melakukan penyiangan atau pemilahan koleksi perpustakaan sesuai dengan standart dan integrasi kurikulum yang ada di Lembaga Pendidikan Al-Falah. Dilanjutkan dengan inventarisasi, instalasi system otomasi perpustakaan sampai pada tahap penataan koleksi buku ke rak agar dapat di manfaat oleh siswa, ustadzah, ustadzah dan semua staf Lembaga Pendidikan Al-Falah.
Layanan Perpustakaan mulai di operasikan pada Senin, 28 Oktober 2024 dan semua siswa mulai dari SD, SMP sampai SMA Al-Falah Surabaya sangat antusias. Demi terlaksananya kegiatan pelayanan perpustakaan yang nyaman dan kondusif peserta magang bersama kepala perpustakaan mengadakan bimbingan pemustaka dengan memberikan materi edukasi terkait pengaksesan perpustakaan secara baik dan benar. Setelah itu siswa – siswi diajak untuk mempraktekkan langsung bagaimana cara penggunaan layanan OPAC (Open Public Access Catalog) sampai mendapatkan buku di rak yang telah di cari pada system, serta praktek pemanfaat layanan komputer yang telah disediakan.
Sejak di adakannya bimbingan pemustaka para siswa dan siswi ramai-ramai mengunjungi perpustakaan untuk sekedar membaca buku di tempat, melakukan kegiatan sirkulasi yaitu peminjam, pengembalian dan perpanjangan buku, memanfaatkan buku pengetahuan untuk media belajar sampai mencari kebutuhan informasi dengan memanfaatkan layanan komputer yang tersedia.
Peserta Magang juga menggalangkan program kerja dengan menganalisis fenomena yang terjadi di lingkup sekolah dan berhasil membuat beberapa diantaranya, yang Pertama pengembangan website E-Library LPF Surabaya dimana isi fitur dari website ini berupa pengembangan bahan pustaka atau koleksi perpustakaan seperti E-Book, Audibook, akses layanan OPAC perpustakaan, Sajak Blibiomania (kritik & saran pengguna), sampai media pembelajaran berupa game interaktif yang dapat diakses kapan pun dan dimanapun melalui https://sites.google.com/view/e-librarylpfsurabaya/home dari website ini sudah beberapa Masyarakat sekolah mengakses dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada didalamnya . Yang Kedua membuat kegiatan hibbah buku dan kebutuhan survey pengguna perpustakaan dengan media poster dan pengisisan form sebagai promosi kepada Masyarakat sekolah yang dapat diakses melalui https://forms.gle/w68TXzkTJTNStdh37, dari program kerja ini sudah beberapa masyarakat sekolah yang menghibbahkan buku dan mengisi survey kebutuhan pemustaka. Yang Ketiga pemanfaat media sosial untuk meningkatkan branding dengan tujuan meningkatkan jumlah pengunjung, menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat sekolah. Branding yang efektif mampu meningkatkan kesadaran masyarakat sekolah terhadap keberadaan perpustakaan, membangun loyalitas pengguna, serta mendorong pemanfaatan pelayanan secara maksimal. Yang Keempat pengembangan layanan literasi digital, yaitu pengadaan madding digital, layar bercerita, dan pemuatan informasi seputar perpustakaan.
Tahap terakhir magang yaitu peserta melakukan pelaksanaan presentasi laporan magang terkait pelaporan kegiatan selama magang dan penyampaian program kerja kepada Wakil Direktur I, Kepala bagian SDM, Kepala Bagian Pengembangan Kurikulum dan Mutu Pendidikan, serta Kepala Perpustakaan Lembaga Pendidikan Al-Falah yang dilaksanakan pada tanggal Hari Jumat, 20 Desember 2024. Setelah itu peserta magang melakukan kegiatan magang daring dengan tugas yang telah disepakati sampai waktu magang berarkhir tanggal 27 Desember 2024.
Kegiatan magang selama kurang lebih 4 (empat) bulan yang sangat berkesan dan banyak sekali pengalaman dan keterampilan baru yang diperoleh selama kegiatan magang berlangsung, Harapnya dengan terlaksananya kegiatan Magang MBKM ini dapat bermanfaat di kemudian hari dan dapat diterapkan pada dunia kerja sehingga memberikan hubungan timbal balik yang setimpal yaitu sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak.
Belum ada komentar, jadilah pertama untuk berkomentar