Pramuka Membangun Karakter Kepemimpinan

Awesome Image

Pramuka merupakan kegiatan kepanduan yang digalakkan oleh setiap sekolah guna membentuk karakter kepemimpinan para siswanya. Formasi kegiatan umumnya dikemas dalam bentuk yang menarik, menyenangkan, seru, tersistem dan terarah. Hal ini menjadi agenda kegiatan tematik SD Al Falah Surabaya.

Bertempat di Kebun Bibit Wonorejo, acara yang dilaksanakan pada Kamis (11/05/2023) itu berjalan lancar dan mengasyikkan. Sesuai dengan konsep eduwisata, destinasi berstatus Taman Kota yang berlokasi di wilayah Surabaya Timur ini menggabungkan konsep pendidikan dan reksreasi. Sepanjang kegiatan, para siswa disuguhi pemandangan yang cantik nan asri. Selain itu, Kebun Bibit Wonorejo memiliki beragam fasilitas yang menambah keseruan saat berada di area tersebut. Seperti camping area, trek olahraga, taman bunga, spot kuliner, wahana permainan anak maupun pemandangan danau yang menyegarkan mata. Siswa pun makin betah dan semangat mengeksplorasi setiap kegiatan yang diagendakan panitia.

Menurut Nur Faizah, koordinator pelaksana acara, tujuan dari proyek tematik Pramuka ini adalah untuk melatih kemandirian, tanggungjawab, dan kedisiplinan.” Intinya siswa memahami manfaat kegiatan Pramuka dan menerapkan nilai-nilai positifnya dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

            Ada beberapa kegiatan yang disiapkan panita. Seperti mewarnai, membuat lollipop, serta beberapa game ketangkasan dan edukatif. Alkhalifi, siswa kelas 3A, mengaku mendapat pengalaman mengasyikkan dari kegiatan Pramuka yang dilakukan secara outdoor. Apalagi ia baru pertama kali berkunjung ke Kebin Bibit Wonorejo. “Suka kegiatannya, banyak permainan yang seru,” ujarnya. Semangat para siswa mengikuti kegiatan mendapat apresiasi berupa hadiah yang diberikan kepada peserta yang mampu memenangkan game-game yang dipertandingkan oleh panitia.

Sekolah memiliki peran strategis dalam mengupayakan kegiatan Kepramukaan agar berjalan optimal. Itu karena banyak nilai positif yang diajarkan di dalamnya. Mulai dari menumbuhkan jiwa kepemimpinan, membangun karakter pribadi yang beriman dan berakhlak mulia, mengokohkan sikap disiplin, memupuk kemandirian, tanggungjawab, setia NKRI serta memotivasi siswa agar menjadi pribadi yang berguna bagi bangsa dan negara. (Abdillah)

Prev Next

Komentar

Belum ada komentar, jadilah pertama untuk berkomentar

Tinggalkan Komentar



keyboard_arrow_up