Meningkatkan Minat Baca Melalui Studi Literasi

Awesome Image

Literasi merupakan salah satu program wajib yang diterapkan di SMP Al Falah Surabaya. Program ini dilaksanakan secara konsisten dan variatif, supaya memberikan nuansa dan pengalaman berbeda kepada siswa-siswi. Salah satu bentuk kemasan variatifnya adalah studi literasi ke perpustakaan-perpustakaan daerah ataupun instansi pendidikan yang ada di Surabaya. Studi literasi yang baru saja dilakukan ialah mengunjungi perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (Uinsa) (2/2/2023). Selama kegiatan berlangsung, dewan guru dan siswa-siswi disambut dan diterima dengan hangat oleh kepala dan jajaran perpustakaan Uinsa.

Kegiatan studi literasi ini diikuti seluruh siswa-siswi (kelas 7 s.d. 9) dan dewan guru SMP Al Falah Surabaya. Tema yang diangkat sangatlah menarik, yakni “Menjadi Pelajar Berwawasan Global Melalui Membaca”. Tema tersebut sejalan dengan penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang digaungkan pada kurikulum merdeka. Hal tersebut bermaksud untuk menjadikan siswa-siswi SMP Al Falah Surabaya memiliki wawasan yang sangat luas dari segi informasi maupun ilmu pengetahuan melalui kegiatan literasi (baca; membaca). Tentu kita semua juga sudah tidak asing lagi dengan ungkapan “Buku adalah jendela dunia” yang merujuk pada aktivitasnya, yakni membaca.

Tujuan dilaksanakannya studi literasi ini tentunya untuk meningkatkan minat baca siswa-siswi SMP Al Falah Surabaya di manapun berada dan menjadikannya sebagai habbit dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga memberikan penyegaran nuansa belajar dan mengenalkan perpustakaan-perpustakaan yang ada di Surabaya. Selama kegiatan berlangsung, Alhamdulillah semua siswa-siswi sangat antusias dan merasa sangat gembira bisa diberikan kesempatan Allah belajar di luar sekolah. Kegiatan semacam ini akan terus berlanjut dan menghasilkan suatu karya tulis fiksi (buku) sebagai bentuk implementasi dalam menyajikan gagasan maupun imajinasi siswa-siswi.

Harapannya, program studi literasi ini dapat melakukan tour ke perpustakaan-perpustakaan lainnya sekaligus dikolaborasikan dengan acara festival literasi, supaya lebih semarak dan berkesan. Kegiatan ini disiapkan dua sampai tiga bulan sebelum acaranya berlangsung dengan melakukan survei ke beberapa tempat dan merancang konsep yang akan diterapkan nantinya. Semoga dengan acara seperti ini mampu  untuk menambah semangat belajar siswa-siswi SMP Al Falah Surabaya dalam menuntut ilmu dan meraih prestasi. Amin ya robbal alamin... (Nur Roqi, S.S)

Prev

Komentar

Belum ada komentar, jadilah pertama untuk berkomentar

Tinggalkan Komentar



keyboard_arrow_up